Rahasia Hidup Sehat dan Umur Panjang Pria Tertua Sedunia

Rahasia Hidup Sehat dan Umur Panjang Pria Tertua Sedunia

Nurul Ulfah – detikHealth

 

(Foto : usatoday)

Montana, Walter Breuning tercatat sebagai pria tertua di dunia dengan usianya yang mencapai 113 tahun di bulan September 2009. Breuning ternyata punya rahasia dan tips hidup sehat yang patut ditiru. Apa itu?

Pria asal Great Falls, Amerika itu menyebutkan bahwa rahasia hidup sehatnya adalah dari porsi makan. Ia mengatakan dirinya hanya makan 2 kali sehari sepanjang hidupnya. “Saya selalu menyingkirkan makanan jika sudah 2 kali makan meskipun masih lapar,” ujar Breuning seperti dilansir USA Today, Kamis (1/10/2009).

Dengan berat badan 62,5 kg saat ini, Breuning selalu membatasi porsi makannya, baik sarapan maupun makan siang. Ia pun tidak pernah makan apapun di malam hari. “Berat badan saya masih sama dengan berat selama 35 tahun ini,” ucap Breuning.

Usahanya untuk tidak makan malam dimulai ketika ia pertama kali pindah dari Minneapolis ke Great Fall pada tahun 1978. Ia tinggal di sebuah apartemen dan harus turun tangga setiap akan makan. Pada tahun 1980, Breuning diminta untuk menjadi manajer di sebuah hotel. Di sana ia bisa mendapatkan makanan apapun yang ia suka.

Awalnya, Breuning selalu bangun pukul 6.15 pagi dan sarapan dengan porsi besar. Ia melakukannya selama 15 tahun. “Saya bisa makan apa saja yang saya mau, layaknya sebuah restoran pribadi saja,” ujar Breuning. Tapi setelah itu, ia jadi membatasi makannya 2 kali sehari dan tidak makan malam.

Namun karena Breuning selalu dikirimi paket buah-buahan, ia terpaksa makan buah dalam porsi banyak. Ia juga sering mengonsumsi banyak air putih. Satu hal lagi, ia pun tidak pernah mengonsumsi obat-obatan apapun. Satu-satunya obat yang ia minum adalah aspirin, tapi itu pun hanya sekali.

“Saya selalu minum air putih setiap waktu, setengah gelas kopi saat sarapan dan setengah lagi saat makan siang,” tutur Breuning.

Breuning merasa ia selalu hidup sehat-sehat saja sepanjang hidupnya dan percaya bahwa faktor diet makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. “Jika saja orang-orang bisa mengatur pola makannya, pasti mereka akan tetap sehat. Orang-orang yang sakit adalah mereka yang terlalu banyak makan,” ujar Breuning.

Selain diet dan mengatur pola makan, Breuning juga mengaku bahwa rahasia hidup sehat dan umur panjangnya adalah kerja keras. Meskipun penglihatannya saat ini mulai kabur, tapi ia membiarkan otaknya terus aktif dengan mendengarkan berita atau sumber-sumber ilmu pengetahuan dari radio atau televisi.

Breuning menjabat sebagai manajer di 2 perusahaan sekaligus hingga usianya 99 tahun. Breuning memulai kebiasannya untuk mengurangi porsi makan dan tidak makan malam sejak 35 tahun yang lalu yaitu sejak usianya 78 tahun. Dan sejak itu pula berat badannya tetap stabil dan ia tidak pernah terkena penyakit apapun.

“Sekali Anda membiasakan tidak makan berlebih, saya yakin di kemudian hari akan sehat. Hindari makan di luar seperti restoran dan sebaiknya makanlah di rumah,” ujar pria yang punya menu makan siang favorit yaitu hati sapi dan bawang putih.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s